Ketetapan Allah

KH Abdullah Gymnastiar | Selasa, 25 Juli 2006 09:40 WIB | 7.187 kali
Ketetapan Allah

Saudaraku yang baik, betapa sesungguhnya segala-galanya hanya datang dari Allah SWT. Segala nikmat dan segala sebab datangnya juga dari Allah yang menciptakannya. Sedangkan makhluk hanyalah sekadar jalan sampainya nikmat dan jalan sampainya musibah. 
 
Walhasil akan jadi sengsara dan berat bagi siapa pun ketika telah terlalu banyak berharap dan terlalu banyak takut kepada makhluk. Padahal setiap makhluk, lahaula wala quwwata illa billah, tiada berdaya kecuali diberi kekuatan oleh Allah SWT. 
 
Makhluk tidak akan memberi nikmat apa pun tanpa izin Allah. Andai pun, misalnya, bergabung seluruh jin dan manusia di muka bumi ini dengan seribu janji disampaikan, tapi jikalau tanpa izin Allah, tidak akan pernah terjadi apa pun dan tidak akan pernah datang apa pun kepada kita. Allah SWT berfirman, "Dan Tuhanku, yang Dia memberi makan dan minum kepadaku, dan apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkan aku dan yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku kembali". (Q.S. Asy-Syuara, 26:79-81). Wallahu a`lam bish showab 
 
 

 



Yuk Bagikan :

Baca Juga