Menyempurnakan Ikhtiar

KH Abdullah Gymnastiar | Kamis, 15 Juni 2006 09:34 WIB | 7.917 kali
Menyempurnakan Ikhtiar

Saudaraku yang budiman, sudah sewajarnya, setiap diri memiliki keinginan, cita-cita, rencana yang benar dan wajar dalam hidupnya. Bahkan, kita sangat dianjurkan untuk gigih berikhtiar mencapai apapun yang terbaik bagi dunia dan akhirat. Menyempurnakan ikhtiar dengan kemampuan maksimal yang Allah berikan kepada kita. 
 
Namun, bersamaan dengan itu, kita pun harus sadar bahwa kita hanyalah makhluk yang memiliki berbagai keterbatasan. Dalam hidup ini ternyata sering kali terjadi sesuatu yang tidak terjangkau daya nalar kita, diluar dugaan. Tanpa kesadaran ini, manusia sangatlah mudah untuk terjerumus pada kedongkolan, keluh kesah, kegalauan dan keresahan. Betapa ruginya jika hari-hari yang kita lalui disisi dengan hal-hal negatif seperti itu, padahal hidup hanya satu kali dan singkat, sementara kejadian diluar batas kemampuan kita pasti akan terjadi lagi. 
 
Sadarilah seyakinnya, kita punya rencana, Allah pun akan memilikinya, yang pasti terjadi adalah apa yang menjadi rencana Allah. Oleh karena itu, bulatkan tekad, sempurnakan ikhtiar, dan hati memasrahkan segala keputusan kepada Allah. Wallahu a`lam bish showab
 

 



Yuk Bagikan :

Baca Juga