Indahnya Kasih Sayang

KH Abdullah Gymnastiar | Senin, 28 November 2005 15:02 WIB | 7.638 kali
Indahnya Kasih Sayang

Maha Suci Allah, zat yang mengaruniakan kasih sayang kepada makhluk-makhluk-Nya. Tidaklah kasih sayang melekat pada diri seseorang, kecuali akan memperindah orang tersebut, dan tidaklah kasih sayang terlepas dari seseorang, kecuali akan memperburuk dan menghinakan orang tersebut.

Betapa tidak? Jikalau kemampuan kita menyayangi orang lain tercabut, maka itulah awal dari segala bencana, karena kasih sayang Allah Azza wa Jalla ternyata hanya akan diberikan kepada orang-orang yang masih hidup kasih sayang di kalbunya. Sekarang ini, kita dapat mengetahui dari berbagai media massa bahwa kekejian demi kekejian, kebiadaban demi kebiadaban mulai terjadi, hal ini menjadi perlambang kehinaan martabat manusia. Selain itu tiada lain karena telah tercabutnya karunia kasih sayang yang Allah semayamkan di dalam kalbunya.

Firman Allah dalam (Q.S : Ali Imran/3 : 159) menguraikan betapa pentingnya kasih sayang ini : ”Maka disebabkan Rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.”

Oleh karena itu, kita harus berjuang dengan sekuat tenaga agar hati nurani kita hidup. Tidak berlebihan jikalau kita mengasuhnya dengan merasakan keterharuan dari kisah-kisah orang yang rela meluangkan waktu untuk memperhatikan orang lain. Kita dengar bagaimana ada orang yang rela bersusah-payah membacakan buku, koran, atau juga surat kepada orang-orang tuna netra, sehingga mereka bisa belajar, mendapatkan informasi, maupun ilmu yang lebih luas. Wallahu a’lam Bish Showab

 



Yuk Bagikan :

Baca Juga