Mengoptimalkan Daya Ubah

KH Abdullah Gymnastiar | Senin, 29 Agustus 2005 10:17 WIB | 5.516 kali
Mengoptimalkan Daya Ubah

Saudaraku yang baik, mengubah prilaku ternyata tidak cukup hanya dengan contoh, akan tetapi juga harus dengan pendidikan, latihan, dan pembinaan secara sistematis, berkesinambungan dan terus menerus. 
 
Ada sebuah kisah, suatu keluarga yang sangat mengesankan, dirumahnya tidak banyak barang berharga, tapi ternyata anak-anaknya bisa menyelesaikan kuliah S1, S2 bahkan S3 dengan baik. Akhlaknya pun bagus, ternyata walaupun penghasilan pimpinan keluarga sebenarnya lebih dari cukup untuk hidup mewah , tetapi mereka mempunyai komitmen yang luar biasa untuk penambahan ilmu pengetahuan dan memberikan kesempatan kepada anak-anaknya agar dapat belajar dan berlatih.
 
Sambil mendidik dan melatih maka semestinya dibuat pula peraturan atau sistem. Karena rumah tangga yang tidak memiliki aturan dengan baik akan segera hancur berantakan. Rumah tangga yang tidak mempunyai komitmen untuk sebuah aturan bahkan tidak adanya aturan, akan cenderung timbul berbagai masalah.

Oleh sebab itu tegakkanlah aturan yang adil, dibuat atas kesepakatan bersama. Didukung pula kekuatan ruhiyah, yaitu doa. Sebab ternyata orang bisa berubah dengan doa. Mudah-mudahan hidup yang cuma sekali-kalinya ini dapat bermanfaat dengan mengubah orang lain menuju kebaikan. Wallahu a`lam bish shawab 



Yuk Bagikan :

Baca Juga