Tips Merawat Peralatan Dapur Berbahan Alumunium

adminaba | Jum'at, 20 Desember 2013 05:07 WIB | 8.696 kali
Tips Merawat Peralatan Dapur Berbahan Alumunium
Bagi Anda yang memiliki peralatan dapur berbahan aluminium, berikut ini beberapa tip yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya:

1. Rebuslah airyang sudah ditambahkan sedikit cuka hingga mendidih dalam peralatan baru atau yang belum digunakan, seperti wajan, panci, pengukus, dan alat memasak lainnya yang berbahan aluminium. Hal ini bisa mencegah makanan lengket saat diolah.

2. Untuk membersihkan peralatan yang menghitam atau berkarat, campurlah 1 liter air dengan 1 sendok teh krim of tartar. Rebus campuran ini dalam alat tersebut selama 10 menit, lalu angkat. Selagi air rebusan masih hangat, gosok alat yang menghitam atau berkarat tersebut dengan spons hingga bersih.

3. Untuk menghilangkan bau amis atau anyiryang masih menempel, bubuhi dengan beberapa tetes air jeruk nipis/lemon. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci bersih menggunakan sabun cuci dan spons.

4. Khusus untuk loyang, cetakan kue, dan wadah lainnya yang tidak terkena api langsung, untuk menghilangkan noda atau flek, setelah dicuci bisa dikeringkan di bawah terik matahari atau panaskan dalam oven selama dua menit. Atau bisa juga dengan dikeringkan menggunakan lap bersih.

5. Agar oven konvensional tahan lama, selalu bersihkan seluruh bagiannya, mulai dari kaca, rak, hingga bagian bawah oven yang langsung terkena api.


Yuk Bagikan :

Baca Juga

Anak Marah, Atasi dengan Cara Ini
Selasa, 01 November 2016 16:27 WIB
Mengenalkan Allah pada Anak dengan Cara Sederhana
Selasa, 11 Oktober 2016 10:50 WIB
Ukhti Mau Mahar Apa?
Senin, 10 Oktober 2016 11:18 WIB