Jangan, Memanjakan Anak

Jum'at, 12 November 2010 09:21 WIB | 5.028 kali
Jangan, Memanjakan Anak Parenting adalah layanan panggilan yang berorientasi turun menurun. Hal-hal yang biasanya dilakukan orangtua untuk anak-anak mereka termasuk mengganti popok mereka, pakaian mereka, memberi makan mereka, mengantar mereka ke sana kemari sekolah dan kelas-kelas pengayaan, dll,. Dan kita melakukannya karena cinta.

Diakui penulis dan konselor keluarga, Gary Chapman, mengklasifikasikan ini ‘tindakan pelayanan’ sebagai salah satu ‘lima bahasa cinta’ (yang tersisa empat adalah kata-kata afirmasi, sentuhan fisik, waktu yang berkualitas dan hadiah).

Kebanyakan orangtua bersedia melayani anak-anak mereka tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Mungkin, itu adalah tugas orangtua dasar kita lakukan untuk anak-anak kita apa yang mereka tidak mampu melakukan sendiri, setidaknya sampai mereka tumbuh dan berkembang menjadi mampu, kompeten, dan individu-individu mandiri. Namun, kami harus sangat menyadari kecenderungan umum untuk melakukan terlalu banyak untuk anak-anak kita atau untuk melompat untuk membantu mereka pada tanda pertama perjuangan. Dalam melakukannya, kita berisiko merampas mereka kesempatan belajar yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan yang sehat.

Menyeimbangkan kecenderungan kita untuk melayani, terwujud dari cinta dan kerinduan kita untuk memelihara anak-anak kita rasa tanggung jawab dan kemerdekaan adalah salah satu yang rumit. Hal ini membutuhkan suatu tingkat kesadaran dan penilaian terus-menerus dari apa yang kita seharusnya semakin melepaskan atau berhenti melakukan bagi anak-anak kita ketika mereka dewasa dan berkembang dengan waktu, exposure dan memperoleh keterampilan baru. Sebuah contoh umum adalah membiarkan anak-anak sekolah akan mengatur pekerjaan rumah mereka sendiri.

Daripada harus terus-menerus mengomel, mengingatkan atau bersikeras bahwa anak-anak harus menyelesaikan pekerjaan rumah mereka rajin, apakah tidak akan lebih mudah untuk membiarkan mereka termotivasi oleh keinginan intrinsik mereka? Hal ini  harus dilihat sebagai ‘murid yang baik dan bertanggung jawab ‘ dan untuk menghindari konsekuensi negatif yang potensial ( baik itu rasa bersalah, kecemasan atau hukuman) karena tidak menyelesaikan pekerjaan mereka? Omelan atau mengingatkan anak-anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka tak diragukan lagi adalah tindakan pelayanan yang didorong oleh niat yang penuh cinta. Namun, ketika kita berhenti berusaha untuk ‘mengajar’ dan bukannya berusaha menciptakan kesempatan bagi anak-anak kita untuk ‘belajar’ tanggung jawab dan kemandirian, maka akan timbul banyak pergulatan  sehari-hari yang tidak perlu dapat dihindari, sehingga menyisakan ruang bagi kita untuk memainkan peran yang lebih memelihara sementara mempertahankan yang positif, mendukung dan mendorong hubungan dengan mereka.

Sementara itu adalah kewajiban orang tua kita untuk melayani, juga penting bahwa kita belajar untuk melangkah mundur dan membiarkan anak-anak kita untuk mengembangkan kemandirian dan tanggung jawab melalui pengalaman kesulitan dan kesalahan. Kadang-kadang, terlalu banyak layanan yang dapat merugikan yang menghambat perkembangan mereka.

Tentang penulis

Artikel ini ditulis oleh Kenny Toh, pelatih profesional, ayah yang bersemangat , dan pendiri The Coaching Academy, Institute of Advanced Parentology dan International Network untuk Orang Tua sebagai Pelatih.

Sebagai penganjur terkemuka untuk Orang Tua-sebagai-Coaches dan Non-bersifat menghukum Disiplin di Singapura, Kenny berkomitmen untuk memajukan praktek pengasuhan melalui pendekatan multidisipliner yang mengintegrasikan prinsip-prinsip dan praktek dari berbagai disiplin ilmu termasuk filsafat, psikologi, Neuro-Linguistic Programming, dan pengembangan pribadi.

Dia telah diundang untuk berbicara di seminar publik seperti Joyful Parenting Conference 2006 dan Great Parenting Seminar 2007, dan berbagai lembaga pendidikan termasuk Nanyang Technological University, National Junior College, sekolah menengah, sekolah dasar dan pra-sekolah. Wawasannya dan tulisan-tulisan tentang topik yang berkaitan dengan pengasuhan telah sering ditampilkan dalam publikasi seperti Readers ‘Digest Asia, Straits Time’s Mind Your Body, Young Orangtua, Today’s Orangtua, Majalah Keluarga, Ibu dan Bayi, dan Young Keluarga.

Untuk mencari informasi lebih lanjut tentang Kenny pekerjaan, silakan email atau kunjungi:
contactus@advancedparentology.com,
http://advanceparentology.com dan http://parentingwithoutpunishment.org.

Sumber: id.theasianparent.com


Yuk Bagikan :

Baca Juga

Anak Marah, Atasi dengan Cara Ini
Selasa, 01 November 2016 16:27 WIB
Mengenalkan Allah pada Anak dengan Cara Sederhana
Selasa, 11 Oktober 2016 10:50 WIB
Ukhti Mau Mahar Apa?
Senin, 10 Oktober 2016 11:18 WIB