Kiat ajarkan Kecerdasan Indrawi Anak

Jum'at, 11 September 2009 08:45 WIB | 4.430 kali
Kiat ajarkan Kecerdasan Indrawi Anak Diantara usia 3-4 tahun, anak sedang mengembangkan pemahaman tentang informasi yang diberikan masing-masing indra. Pemahaman tersebut amat berguna, antara lain :

  • Membantu memecahkan masalah

Anak dapat memecahkan masalah secara tepat dan cepat.Misalnya jika anak paham penciuman hidunglah yang memberitahu aneka bau, maka ia bisa segera menutup hidung ketika ada bau tidak sedap, sebelum ia ingin muntah. Sebaliknya anak bisa mengenduskan hidung lebih keras untuk ’melacak’ di mana mama menyimpan kue bolu yang baru masak.

  • Mempermudah eksplorasi

Anak bisa mengeksplorasi lingkungan lebih cepat. Begitu diberi tahu ” Bunga melati kecil, warna putih, dan baunya wangi, anak bisa cepat menemukan melati diantara aneka bunga. Ia tidak bingung mencarinya, karena sudah paham bahwa ia hanya perlu mengandalkan indra penciuman dan penglihatan.

Apa yang sebaiknya orang tua lakukan?

Charles A. Samith, Ph.D, Pakar kajian Keluarga dan Pengembangan Manusia dari Kansas State University Cooperative Extension menyarankan tehnik-tehnik berikut ini, jika anda berencana memperkaya pengalaman kesadaran indrawi untuk si kecil :

  • Ciptakan berbagai pengalaman
Ajaklah anak bersama-sama menyiapkan dan mencicipi aneka makanan, mengendus bau tidak enak atau enak, menyimak sara-suara atmosfer (tetesan air keran bocor di bak mandi, sayup kokok ayam jantan, suara ikan digoreng, suara gelegak air mendidih, dll)
  • Jadikan kegiatan jalan-jalan sebagai penjelajahan indrawi

Sepanjang aman dan memungkinkan, ajaklah anak-anak menyentuh permukaan tanah,bebatuan dan abatang pohon, mencium wangi daun, bunga dan tanah basah, mendengarkan kemeresak daun ditiup angin, kicau burung dan lain-lain..

  • Kurangi bertanya perbanyak menyerap

Ketika anak sedang asik menjelajah panca inderanya, usahakan tidak mengusik mereka dengan berbagai pertanyaan. Jika anak bicara, arahkan kembali untuk mengamati, mencicipi, membaui, menyimak dan meraba.

  • Menyerap dulu baru berfikir dan bercerita

Setelah anak menjelajah dengan indranya, doronglah ia memikirkan dan mengungkapkan temuannya. Kenalkan kata-kata yang bisa melukiskan apa yang anak serap lewat panca indera ( misalnya : sepatu itu merah seperti buah jambu).

  • Ajarkan perbedaan kadar rangsangan indrawi

Warna dan tekstur bergradasi. Bau dan rasa bertingkat-tingkat ketajamannya. Bunyi punya bermacam-macam jenis dan volume. Tunjukkan 3-5 variasi warna, tekstur, bau, rasa dan bunyi pada anak. Mintalah ia mengurutkan dari yang tertinggi atau terendah, terkuat atau terlemah.

DAFTAR PUSTAKA

Majalah Parents Guide Vol V No 6 Maret 2007.

Sumber: dr. Ariani, http://parentingislami.wordpress.com



Yuk Bagikan :

Baca Juga

Anak Marah, Atasi dengan Cara Ini
Selasa, 01 November 2016 16:27 WIB
Mengenalkan Allah pada Anak dengan Cara Sederhana
Selasa, 11 Oktober 2016 10:50 WIB
Ukhti Mau Mahar Apa?
Senin, 10 Oktober 2016 11:18 WIB