Sajadah Panjang

administrator | Jum'at, 15 Juni 2012 14:42 WIB | 7.403 kali
Sajadah Panjang

Azan Shalat Jumat berkumandang, kuhentikan beristigfar kepada-Nya. Saatnya menyambut panggilan Tuhan dengan membalas setiap lantunan azan yang dikumandangkan. Setelah usai, kubacakan doa dan salam kepada baginda Rasul kemudian kutunaikan Shalat Sunat dua rakaat. Segera aku berdiri dan menatap barisan demi barisan yang ada, 2 sampai 5 barisan di depanku.

``Aha, ada satu tempat kosong, pikirku. Aku maju ke arah itu dan shalat di situ. Aku yakin setiap langkahku kan dicatat oleh malaikat yang senantiasa mengawasiku. Teringat akan pesan nabi, di mana shaf lebih depan memiliki banyak keutamaan.

Setelah Shalat Sunat ditunaikan, kunantikan iqamat, tanda Shalat Jumat dimulai. ``Allahu akbar... Allahu akbar, Asyhadualla illaha illallahu... Wa asyhaduanna Muhammadarrasulullah...`` aku berdiri dan memperhatikan jarak jemari kaki antar jamaah satu dengan lainnya yang masih berjarak, belum saling merapat. Aku berpikir cepat

akankah aku maju, apakah masih sempat? Karena pasti akan menggeser 5 jamaah yang ada dikiri dan kanannya untuk merapatkan jari kaki mereka. Aku khawatir mengganggu. Tapi batinku berkata, `` Ayo maju, karena itu memiliki banyak  keutamaan seperti pesan Nabimu.``

Kupikir, mereka mungkin belum mengetahui atau bisa jadi karena motif sajadah panjangnya memisahkan susunan shaf mereka. Motif tiang pada sajadah itu tampak memisahkan dan menciptakan jarak. Jamaah shalat semestinya tidak pula menyesuaikan posisi barisan mengikuti motif tiang pada sajadah panjang. Melainkan menempelkan bahunya dengan bahu temannya, menempelkan lututnya dengan lutut temannya, dan menempelkan mata kakinya dengan mata kaki temannya.



Yuk Bagikan :

Baca Juga

Pengobatan Dengan Air Liur dan Tanah
Selasa, 27 September 2016 16:52 WIB
Kisah Mengharukan Anak Yang Membawa Hidayah
Selasa, 12 Januari 2016 11:25 WIB
Merengkuh Hidayah Menuai Ma`unah
Jum'at, 04 September 2015 14:45 WIB