Penjual Pakaian

adminaba | Sabtu, 05 Januari 2013 08:02 WIB | 6.263 kali
Penjual Pakaian
Sebelum matahari terbangun claci tidurnya, Abu Bakar r.a. keluar dari runiah membawa bungkusan pakaian dan lipatan biiban di atas kepalanya. la berjalan menuju pasar dengan langkah yang penuh semangat dan dinamis.
Ketika ia tengah asyik berjalar, Umar bin Khathihab r.a. dan Abu Aidah bin Jarraah r. a. melihatnya, maka keduanya buru- buru mengejar Abu Bakar r.a.. Kemudian Umar bin Khaththab r.a. berteriak dengan suaranya yarg berat, "Wahai khalifah Rasulullah saw. kamu hendak pergi ke mana?"

Abu Bakar r.a. menjawab pertanyaan Umar r.a. itu sembari menyebarkan pandangannya ke sela-sela bungkusan yang ia bawa di ata:s kepalanya, "Alcu mau pergi ke pasir:"
Kemudian Umar r.a. kembali mengajukan pertanyaan keos-csaya, "Apa yang hendak kamu lakukan di pasar?" Sembari kehenitian Abu Bakar r.a. menjawab pertanyaannya, "Wahai Umat, :entu saja untuk menjual pakaian." Kemudian Umar r.a. kembali berucap, "Kamukan punya kesibukan "

Mendengar ucapan Umar r.a. yang seperti itu, Abu Bakar r.a. terdiam sebentar, kemudian ia berkata, "Yang kamu maksudkan adalah kekhilafahan?"
Umar r.a. pun menjawab, "Iya"

Maka Abu Bakar r.a. membolak-balikkan tangannya sembari berkata, "Wahai Umar bin Khaththab r.a., kalau aku tidak berjualan, dari mana aku bisa memberikan makan anak- anakku?" Maka Umar r.a. menjawab, "Kami akan berikan kamu gaji yang diambil dari baitul-mal."
Maka Abu Bakar r.a. menerima usulan Umar r.a. tersebut agar ia dapat berkonsentrasi penuh untuk menangani urusan kaum muslimin. Setelah itu ia tidak pernah lagi pergi berjualan ke pasar.


Yuk Bagikan :

Baca Juga

Pengobatan Dengan Air Liur dan Tanah
Selasa, 27 September 2016 16:52 WIB
Kisah Mengharukan Anak Yang Membawa Hidayah
Selasa, 12 Januari 2016 11:25 WIB
Merengkuh Hidayah Menuai Ma`unah
Jum'at, 04 September 2015 14:45 WIB